Tesis ini menggambarkan perubahan pada dimensi sosial dan dimensi ekonomi pada
perempuan melalui program pemberdayaan yang diimplementasikan oleh CSR Allianz
Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan studi dokumen, wawancara mendalam,
dan observasi. Wawancara mendalam melibatkan 17 informan yang berasal dari enam
komunitas di wilayah DKI Jakarta. Setelah data dikumpulkan dan diorganisir, data diolah
melalui proses koding, penafsiran data, dan menarik kesimpulan dari data yang telah diperoleh.
Hal penelitian ini menunjukkan melalui program pemberdayaan perempuan yang
diimplementasikan oleh CSR Allianz Indonesia memberikan perubahan pada dimensi sosial
antara lain peningkatan keterampilan perempuan dalam memberikan layanan, peningkatan
kapasitas diri perempuan, dan terciptanya ikatan di masyarakat. Perubahan pada dimensi
ekonomi antara lain terbentuknya ekonomi berbasis lokal, terciptanya peluang kerja pada
perempuan, dan peningkatan pendapatan perempuan. Penelitian ini dapat menjadi rekomendasi
terhadap pengembangan program yang fokus pada pemberdayaan perempuan dalam kerangka
program CSR yang holistik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
Deskripsi Lengkap