Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0011/2024 Che i
Judul IDENTITAS KOLEKTIF DALAM KOMUNITAS FESYEN LAMBAT (Studi Etnografi Digital pada ?Slow Fashion Indonesia?)
Pengarang Cheryl Arshiefa Krisdanu
Penerbit dan Distribusi 2024
Subjek
Kata Kunci Identitas kolektif, slow fashion, komunitas, etnografi digital, Slow Fashion Indonesia
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0011/2024 Che i 2024-0011 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81844
Sampul
Abstrak
Kurangnya kesadaran dan pengetahuan konsumen menjadi hambatan dalam memobilisasi fashion berkelanjutan. Komunitas yang memiliki visi bersama dalam aksi global untuk meningkatkan kesadaran mengenai fashion berkelanjutan seperti Slow Fashion Indonesia memerlukan komitmen yang berkelanjutan dari anggotanya. Dalam mempertahankan komitmen secara berkelanjutan, dibutuhkan identitas kolektif dari komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas kolektif melalui interaksi dalam komunitas Slow Fashion Indonesia menggunakan strategi penelitian etnografi digital. Hasil penelitian menemukan bahwa komunitas Slow Fashion Indonesia telah mengembangkan identitas kolektif melalui kesamaan persepsi serta pengetahuan terhadap slow fashion dan komunitas, hubungan kedekatan dan keakraban akibat diskusi dan interaksi antar anggota komunitas, serta investasi emosional terhadap komunitas. Identitas kolektif yang telah terbentuk kemudian menumbuhkan kesamaan persepsi dan nilai bersama yang mengikat anggota untuk terus menjalankan dan mengembangkan komunitas.