Tesis ini membahas tentang penggunaan influencer sebagai alat komunikasi pemasaran
terhadap suatu produk di Instagram dengan menggunakan pendekatan humor. Penelitian ini
akan mengkaji jenis humor yang digunakan oleh influencer dalam memasarkan produk,
dimana penelitian ini berfokus pada studi kasus akun @marlo di Instagram. Penelitian ini
dilandasi oleh teori komunikasi pemasaran dan komunikasi persuasi, serta konsep-konsep
seperti influencer, Instagram, dan humor. Metode penelitian yang digunakan adalah
wawancara mendalam dengan subjek penelitian serta analisis konten yang mencakup
pengamatan terhadap unggahan, caption, dan jumlah likes. Data dikumpulkan dari unggahan
@marlo pada bulan Desember 2022 yang berisikan pemasaran produk dengan pendekatan
humor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @marlo menggunakan humor dalam
memasarkan produk, dan secara spesifik dengan jenis humor pun dan silliness. Walaupun
demikian, ditemukan bahwa ternyata Marlo sebagai influencer cenderung untuk
menggunakan humor sarcasm dan exaggeration dalam mengunggah konten pribadi. Hanya
saja, jenis humor sarcasm cenderung untuk tidak digunakan oleh merek dikarenakan
mengandung unsur sindiran. Selain itu, ditemukan juga bahwa jenis humor yang paling
banyak disukai adalah silliness. Penelitian ini memberikan wawasan tentang jenis-jenis
humor yang banyak disukai dalam pemasaran produk di platform media sosial seperti
Instagram oleh influencer. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa humor dapat
menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian audiens.
Deskripsi Lengkap