Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0027/2024 Han p
Judul Penggunaan Humor oleh Akun @marlo sebagai Influencer Dalam Memasarkan Produk di Instagram
Pengarang Hanni Shabrina Johan
Penerbit dan Distribusi 2024
Subjek
Kata Kunci Humor, influencer, influencer marketing, Instagram, komunikasi pemasaran
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0027/2024 Han p 2024-0027 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81871
Sampul
Abstrak
Tesis ini membahas tentang penggunaan influencer sebagai alat komunikasi pemasaran terhadap suatu produk di Instagram dengan menggunakan pendekatan humor. Penelitian ini akan mengkaji jenis humor yang digunakan oleh influencer dalam memasarkan produk, dimana penelitian ini berfokus pada studi kasus akun @marlo di Instagram. Penelitian ini dilandasi oleh teori komunikasi pemasaran dan komunikasi persuasi, serta konsep-konsep seperti influencer, Instagram, dan humor. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan subjek penelitian serta analisis konten yang mencakup pengamatan terhadap unggahan, caption, dan jumlah likes. Data dikumpulkan dari unggahan @marlo pada bulan Desember 2022 yang berisikan pemasaran produk dengan pendekatan humor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @marlo menggunakan humor dalam memasarkan produk, dan secara spesifik dengan jenis humor pun dan silliness. Walaupun demikian, ditemukan bahwa ternyata Marlo sebagai influencer cenderung untuk menggunakan humor sarcasm dan exaggeration dalam mengunggah konten pribadi. Hanya saja, jenis humor sarcasm cenderung untuk tidak digunakan oleh merek dikarenakan mengandung unsur sindiran. Selain itu, ditemukan juga bahwa jenis humor yang paling banyak disukai adalah silliness. Penelitian ini memberikan wawasan tentang jenis-jenis humor yang banyak disukai dalam pemasaran produk di platform media sosial seperti Instagram oleh influencer. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa humor dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian audiens.