Konsumen yang aktif dalam pasar online sering mengalami tantangan terkait
ketidakseimbangan informasi yang berfokus pada dua sumber utama asimetri informasi
yang dihadapi yaitu tentang ketidakpastian penjual dan ketidakpastian tentang produk.
Penelitian ini menggunakan Uncertainty Reduction Theory untuk mengurangi asimetri
informasi yang dihadapi konsumen di pasar online dengan mengaplikasikan tiga strategi
utama untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam mengurangi ketidakpastian
yaitu melalui efektivitas deskripsi produk, interaktivitas yang dirasakan, dan efektivitas
sistem ulasan. Sebagai bagian dari hal ini, penelitian bertujuan untuk membuktikan dan
menjelaskan pengaruh strategi komunikasi URT, ketidakpastian tingkat produk dan
penjual terhadap perilaku konsumen secara online melalui live streaming shopping.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui kuesioner online dan memiliki 13
hipotesis dengan pendekatan purposive sampling. Responden sebanyak 240 orang yang
merupakan pengguna Shopee Live Streaming Shopping. Analisis data dilakukan
menggunakan SmartPLS. Sebagian besar teori hubungan antara strategi komunikasi
uncertainty reduction theory dan ketidakpastian penjual, ketidakpastian kualitas produk,
serta ketidakpastian kesesuaian produk adalah signifikan, dengan pengecualian yaitu
dampak efektivitas sistem ulasan terhadap ketidakpastian penjual tidak terkonfirmasi.
Efektivitas sistem ulasan secara kuat mengurangi ketidakpastian kesesuaian produk yang
dirasakan konsumen. Khususnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sistem
ulasan memiliki pengaruh kuat terhadap ketidakpastian kualitas produk dan
ketidakpastian kesesuaian produk yang secara signifikan terkait dengan niat untuk
melakukan pembelian. Hal ini menyiratkan bahwa efektivitas sistem ulasan merupakan
faktor mitigasi yang paling efektif dari ketiga fasilitator strategi komunikasi dalam
mengatasi ketidakpastian produk.
Deskripsi Lengkap