Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0043/2024 Mey f
Judul Fear of Missing Out (FOMO) sebagai Mediasi Pengaruh Pemasaran Konten Media Sosial Instagram @keretacepat_id terhadap Purchase Intention
Pengarang Meyka Septira Utami Pinem
Penerbit dan Distribusi 2024
Subjek
Kata Kunci media sosial, fear of missing out, theory of planned behavior, purchase intention, PLS-SEM
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0043/2024 Mey f 2024-0043 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81894
Sampul
Abstrak
Lebih dari setengah populasi masyarakat Indonesia menggunakan media sosial pada kesehariannya. Media sosial bukan hanya membuat antar pengguna terhubung untuk bersosialisasi tetapi kini telah menjadi sarana bagi perusahaan untuk memasarkan produk yang dimilikinya, sehingga membuka kanal baru untuk perusahaan memicu pembelian konsumen. Dalam perkembangannya yang pesat, keterpaparan masyarakat dengan media sosial membuat kecenderungan masyarakat saat ini untuk mengalami fear of missing out (FOMO). Pada penelitian ini, dilakukan pengujian apakah FOMO menjadi mediator konten media sosial terhadap niat membeli konsumen serta menguji model theory of planned behavior untuk memprediksi perilaku konsumen. Penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui survei secara online yang ditujukan kepada pengikut Instagram @keretacepat_id. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten media sosial mempengaruhi FOMO secara signifikan, walaupun berdasarkan dari sampel yang ada, tingkat FOMO pengikut Instagram @keretacepat_id masih tergolong rendah, sehingga perlu adanya peningkatan pada formulasi konten di Instagram @keretacepat_id. Efek mediasi FOMO terbukti menjadi mediator antara konten pemasaran media sosial dengan attitude towards behavior, subjective norms, dan niat membeli.