Tesis ini mengidentifikasi dan memahami sikap konsumen dalam memilih produk
suplemen melalui platform Shopee live streaming commerce serta menganalisis alasan
konsumen memilih produk suplemen via Shopee live streaming commerce. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dan desain eksplorasi dengan mewawancarai konsumen dan
host produk suplemen serta mengobservasi sesi Shopee live streaming commerce. Hasil
penelitian menyoroti bahwa konsumen menunjukkan sikap yang berhati-hati dan kritis
dalam memilih produk suplemen di Shopee live streaming commerce; konsumen
menggabungkan informasi dari sesi live streaming commerce dengan pengetahuan
eksternal dan pengalaman pribadi untuk membentuk keyakinan yang solid sebelum
membuat keputusan pemilihan; komunikasi, baik verbal maupun non-verbal, antara host
dan penonton menjadi aspek kunci dalam memilih produk suplemen di Shopee live
streaming commerce; kombinasi antara kebutuhan akan informasi yang mendetail,
interaksi langsung dengan host, serta elemen visual dan emosional yang menarik,
membentuk sikap dan keputusan penonton; serta Shopee live streaming commerce
memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan keyakinan dan mendorong pemilihan
produk suplemen karena interaksi yang personal dengan host, informasi yang lengkap
mengenai produk suplemen, dan insentif finansial yang menarik.
Deskripsi Lengkap