Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0067/2024 Syl a
Judul Analisis Manajemen Komunikasi Krisis dengan Image Restoration Theory (Studi Kasus Gangguan Layanan Jaringan Telkomsel Selama 2023)
Pengarang Sylvana Virgina Agustya
Penerbit dan Distribusi 2024
Subjek
Kata Kunci Manajemen krisis, Komunikasi Krisis, Strategi Pemulihan Citra, Image Restoration Theory
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0067/2024 Syl a 2024-0067 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81938
Sampul
Abstrak
Telkomsel sebagai market leader operator Telekomunikasi Indonesia melakukan manajemen komunikasi krisis gangguan jaringan secara berturut-turut yang terjadi selama 2023 di Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua Selatan, selain itu juga cara Telkomsel memulihkan citra yang terdampak dengan image restoration theory, serta evaluasi dari manajemen komunikasi krisis yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma post-positivisme untuk memahami fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data utama dengan melakukan wawancara mendalam dan didukung oleh analisis sentimen media sosial melalui NoLimit, serta pengumpulan dokumen pendukung dilakukan yang kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil yang didapat, Telkomsel telah membentuk tim komunikasi krisis yang masing-masing menjalankan tugasnya dan juga melakukan tahapan-tahapan dari sisi komunikasi. Pada pemulihan citra, Telkomsel menggunakan strategi mortification, reduce offensiveness, dan corrective. Evaluasi pada penelitian ini ditemukan bahwa masih ada silo dalam komunikasi di dalam organisasi Telkomsel, sehingga apabila koordinasi antar tim belum optimal