Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0070/2024 The p
Judul Persuasi Kebijakan Kurikulum Baru melalui Media Sosial (Analisis Multimodalitas Video Youtube Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi)
Pengarang Theo Michael Hutapea
Penerbit dan Distribusi 2024
Subjek
Kata Kunci Semiotik, Multimodalitas, Persuasi, Kurikulum Merdeka, Kemendikbud RI, YouTube
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0070/2024 The p 2024-0070 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81941
Sampul
Abstrak
Penelitian ini mengkaji sumber semiotik dan kekuatan persuasi dalam video YouTube Kemendikbud RI tentang Kurikulum Merdeka. Analisis multimodal diterapkan untuk meneliti tiga video: "Merdeka Belajar episode 1", "Guru Penggerak: Lebih Dekat dengan Murid", dan "Pesan Mas Menteri tentang Kurikulum Merdeka". Temuan menunjukkan bahwa Kemendikbud RI menggunakan berbagai sumber semiotik, termasuk visual kinestetik, soundtrack, narasi, dan metafungsi, untuk membangun pesan persuasi. Makna eksperiensial, interpersonal, dan tekstual diidentifikasi dalam setiap video. Persuasi dilakukan melalui prinsip-prinsip retoris Aristoteles dan penggunaan pathos dan logos. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang strategi komunikasi Kemendikbud RI dalam mempromosikan kurikulum merdeka. Temuan ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas kampanye perubahan kebijakan di masa depan.