Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-ANT 007/2025 Dia r
Judul : Refleksi Magang sebagai Consumer Research di PT Vidio Dot Com: Menavigasi Harapan dan Potensi Penerapan Ilmu Antropologi dalam Riset Bisnis Profesional
Pengarang : Dian febriyanti
Strata :
Pembimbing : Rhino Ariefiansyah, S.Sos., M.E.A.P.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-ANT 007/2025 Dia r 2025-0007 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81989
Sampul
Abstrak
Makalah ini ditulis untuk mengelola harapan dan mengeksplorasi potensi ilmu Antropologi dalam riset bisnis di dunia profesional melalui pengalaman magang sebagai Consumer Research Intern di PT Vidio Dot Com. Penerapan konsep Situated Learning, Expectation, dan Potentiality dipilih untuk menjelaskan dinamika pembelajaran dari kegiatan magang, serta mengungkap bentuk potensi Antropologi dalam konteks ini. Hasil refleksi menunjukkan bahwa ilmu Antropologi memiliki relevansi yang kuat dengan riset bisnis karena kecakapannya dalam memperdalam konteks dibalik angka dan data kuantitatif. Namun, dibutuhkan penyesuaian keterampilan bagi mahasiswa Antropologi, khususnya dalam hal efisiensi yang diperlukan dalam riset bisnis, yang sangat dinamis dan terukur. Tujuan riset bisnis berbeda dengan riset terapan lainnya karena berfokus pada tujuan meningkatkan profit perusahaan, sehingga refleksi ini menunjukkan bahwa antropologi potensial dalam riset bisnis karena kemampuannya untuk memperkaya analisis data bisnis dengan wawasan yang lebih mendalam dan kontekstual. Meskipun demikian, kita tetap harus terbuka terhadap modifikasi pelaksanaan riset yang lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan dunia bisnis. Proses pembelajaran selama magang menghasilkan pengetahuan baru dan menciptakan ruang bertumbuh, melalui partisipasi aktif dalam praktik riset yang lebih luas.