Deskripsi Lengkap

PengarangAida Fitria
JudulMenemukan Ilmu di Luar Kelas: Refleksi Mahasiswa Antropologi atas Proses Belajar di Dunia Korporasi Selama Magang di PT Telkom Indonesia
Pembimbing/SupervisorDr. Dian Sulistiawati Syamsir, M.A.
Bahasa UtamaIndonesia
AbstrakMakalah ini merefleksikan pengalaman saya sebagai mahasiswa Antropologi Sosial selama menjalani magang di PT Telkom Indonesia, khususnya pada posisi Behaviour Analytic di divisi Wholesale & International Business (WINS). Fokus kajian tulisan ini adalah proses belajar yang saya alami, baik dari tugas-tugas formal maupun interaksi keseharian di lingkungan kerja. Refleksi ini dianalisis menggunakan tiga konsep utama: situated learning, knowledge production, dan budaya organisasi. Dengan menggunakan metode autoetnografi reflektif, saya mencoba menarasikan bagaimana proses belajar berlangsung dalam situasi kerja nyata, di mana saya tidak hanya mengamati tapi juga terlibat langsung. Hasil refleksi menunjukkan bahwa dunia kerja bisa menjadi ruang belajar yang kontekstual dan bermakna, bahkan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang sosial humaniora seperti antropologi.
Jenis BahanKarya Akademis
Kode BahasaIND
No. Induk2025-0037
Catatan Umum
No. Barkod2025-0037
Kata Kunciantropologi, budaya kerja, magang, pembelajaran situasional, pengetahuan
Kota TerbitDepok
Tahun2025
Subjek
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
PenerbitFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiGedung MBRC Lantai 2
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi Elektronik
Sumber KoleksiKewajiban Mahasiswa
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. PanggilSK-ANT 0037/2025 Aid m
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-ANT 0037/2025 Aid m 2025-0037 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82019
Sampul
Abstrak
Makalah ini merefleksikan pengalaman saya sebagai mahasiswa Antropologi Sosial selama menjalani magang di PT Telkom Indonesia, khususnya pada posisi Behaviour Analytic di divisi Wholesale & International Business (WINS). Fokus kajian tulisan ini adalah proses belajar yang saya alami, baik dari tugas-tugas formal maupun interaksi keseharian di lingkungan kerja. Refleksi ini dianalisis menggunakan tiga konsep utama: situated learning, knowledge production, dan budaya organisasi. Dengan menggunakan metode autoetnografi reflektif, saya mencoba menarasikan bagaimana proses belajar berlangsung dalam situasi kerja nyata, di mana saya tidak hanya mengamati tapi juga terlibat langsung. Hasil refleksi menunjukkan bahwa dunia kerja bisa menjadi ruang belajar yang kontekstual dan bermakna, bahkan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang sosial humaniora seperti antropologi.