Artikel ini mendeskripsikan fenomena perilaku pembelian impulsif acara dan merchandise K-pop di kalangan
penggemar K-pop Indonesia. Di antara 26 negara di dunia, persentase masyarakat Indonesia dalam
mengonsumsi konten budaya Korea mencapai 35%, yang mana 10% lebih tinggi dibandingkan rata-rata
(Tashandra, 2023). Hal ini berdampak pada perilaku konsumtif dan impulsif penggemar K-pop Indonesia
terhadap merchandise dan acara-acara yang berkaitan dengan budaya Korea (Ramadhani dan Linadi, 2012).
Dengan menggunakan teori dari Stern (1962) mengenai perilaku pembelian impulsif dan mengambil contoh dari
berbagai konser K-pop yang sering diadakan di Indonesia, serta banyaknya toko merchandise K-pop di
Indonesia?penelitian ini mengkaji kepuasan yang ditunjukkan oleh penggemar K-pop Indonesia saat
mengonsumsi konten-konten K-pop. Penelitian ini berargumen bahwa penggemar K-pop Indonesia sangat
bermotivasi untuk menghemat pengeluarannya agar dapat menghadiri acara K-pop dan membeli merchandise
artis K-pop favorit mereka secara impulsif demi meraih kepuasan.
Deskripsi Lengkap