Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 008/2025 Bun s
Judul : Studi Kasus Marketing: Analisis Dibalik Kesuksesan Film Barbie 2023
Pengarang : Bunga Azahra Aurelli
Strata :
Pembimbing : Neidy Priadisti Laksmita, M.Comm.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 008/2025 Bun s 2025-0008 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82097
Sampul
Abstrak
Artikel ini membahas strategi pemasaran film ?Barbie? yang sukses secara komersial pada tahun 2023 lalu. "Barbie?, film live-action pada Juli 2023 karya Warner Bros, menjadi salah satu kampanye pemasaran film paling luas dan mengesankan dalam beberapa tahun terakhir (Variety, 2023). Industri film merupakan salah satu segmen industri hiburan yang paling kompetitif dan dinamis. Mulai dari pengembangan naskah hingga distribusi film, setiap proses pembuatannya dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Namun, pendekatan strategi pemasaran merupakan salah satu fitur yang paling menarik dan penting (Havrylenko, 2023). Dengan menggunakan konsep Integrated Marketing Communication (IMC), artikel ini mempelajari strategi pemasaran dari berbagai elemen komunikasi secara komprehensif dengan mengevaluasi peran pada iklan, promosi penjualan, hingga publikasi yang berkaitan dengan kesuksesan komersial film Barbie. Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi marketing film Barbie 2023 berkontribusi terhadap kesuksesan komersial film Barbie, dengan kombinasi penggunaan pink marketing, Breadcrumb strategy, dan user-generated content.