Artikel ini membahas strategi pemasaran film ?Barbie? yang sukses secara komersial pada tahun 2023 lalu.
"Barbie?, film live-action pada Juli 2023 karya Warner Bros, menjadi salah satu kampanye pemasaran film
paling luas dan mengesankan dalam beberapa tahun terakhir (Variety, 2023). Industri film merupakan salah satu
segmen industri hiburan yang paling kompetitif dan dinamis. Mulai dari pengembangan naskah hingga distribusi
film, setiap proses pembuatannya dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Namun, pendekatan
strategi pemasaran merupakan salah satu fitur yang paling menarik dan penting (Havrylenko, 2023). Dengan
menggunakan konsep Integrated Marketing Communication (IMC), artikel ini mempelajari strategi pemasaran
dari berbagai elemen komunikasi secara komprehensif dengan mengevaluasi peran pada iklan, promosi
penjualan, hingga publikasi yang berkaitan dengan kesuksesan komersial film Barbie. Dari analisis tersebut,
dapat disimpulkan bahwa strategi marketing film Barbie 2023 berkontribusi terhadap kesuksesan komersial film
Barbie, dengan kombinasi penggunaan pink marketing, Breadcrumb strategy, dan user-generated content.
Deskripsi Lengkap