$UWLNHOLQLPHQJHNVSORUDVLSRSXODULWDVPHGLDVRVLDOVHULDOGUDPD.RUHD36TXLG*DPH ́GL1HWIOL[VHEDJDL
area fenomena Hallyu atau Korean Wave 'HQJDQ MXWD SHQD\DQJDQ 36TXLG *DPH ́PXQFXO VHEDJDL
serial non-Inggris Netflix yang paling banyak ditonton (Netflix, 2024). Menurut Siregar (2021), sejumlah
tren terkenal dalam kehidupan sehari-hari dan di platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok muncul
sebagai akibat dari pengaruh budaya serial ini. Dengan menerapkan teori Prosumer yang mengatakan bahwa
audiens menjadi keduanya yaitu kreator atau produser dan konsumer atau pengguna konten (Arimetrics,
2022) dan melihat maraknya serial Squid Game, hal ini telah menghasilkan lebih dari 39,5 miliar penayangan
konten buatan pengguna di TikTok yang mencakup berbagai topik seperti tantangan dan pembuatan ulang
permainan (Poelking, 2021). Artikel tersebut berpendapat bahwa Konten Buatan Pengguna TikTok yang
terkait dengan acara tersebut telah secara signifikan meningkatkan viralitas Squid Game dan memberikan
dampak pada Kampanye Kolaborasi Merek di Indonesia.
Deskripsi Lengkap