Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 0013/2025 Muh b
Judul : Building Fan Loyalty through Emotional Appeals: AIDA Model and Cultivation Theory in JKT48?s Marketing Strategy
Pengarang : Muhammad Yusuf Nazmuddin Akbar
Strata :
Pembimbing : Dr. Mohamad Axel Putra Hadiningrat M.A.B
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 0013/2025 Muh b 2025-0013 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82102
Sampul
Abstrak
Studi ini mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran JKT48 dalam membangun basis penggemar yang setia di Indonesia, pasar yang beragam dan ideal untuk pertumbuhan grup idola (Kimura & Harris, 2020). Sebagai waralaba lokal AKB48 dari Jepang, JKT48 menggunakan pendekatan emosional, dianalisis melalui model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan teori kultivasi, untuk menarik audiens pria yang mencari koneksi pseudo-romantis. Dengan pendekatan tinjauan literatur, penelitian ini mempelajari penggunaan pertunjukan teater, kampanye digital, dan kolaborasi merek untuk menarik perhatian dan membangkitkan keinginan, sementara teori kultivasi menjelaskan ikatan emosional yang terbentuk seiring pertumbuhan idola sejak usia muda (Fan, 2022). Temuan menunjukkan strategi ini meningkatkan loyalitas penggemar, perilaku konsumtif, dan penyembahan selebriti, menciptakan hubungan simbiosis antara grup dan pendukungnya (Mulyana et al., 2019; Rumbi, 2023). Studi ini menyoroti efektivitas pemasaran emosional dalam industri budaya, dengan rekomendasi penelitian kualitatif lebih lanjut untuk dinamika fandom. Kata kunci: JKT48, pemasaran emosional, model AIDA, teori kultivasi, loyalitas penggemar.