Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 0020/2025 Bin t
Judul : Tinjauan Literatur Sistematis: Praktik Penanganan Keluhan Konsumen oleh Otoritas Jasa Keuangan
Pengarang : Bintang Maulana Wintiano Pratama
Strata :
Pembimbing : Nissa Cita Adinia, S.Sos., M.Commun.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 0020/2025 Bin t 2025-0020 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82109
Sampul
Abstrak
Penanganan keluhan konsumen menjadi elemen kunci dalam membangun kepercayaan publik terhadap lembaga jasa keuangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menyelesaikan keluhan konsumen sektor jasa keuangan melalui pendekatan Systematic Literature Review terhadap 18 artikel jurnal nasional periode 2020?2025. Hasil temuan menunjukkan OJK berperan dalam fungsi regulasi, edukasi, dan mediasi, meskipun masih menghadapi kendala literasi keuangan dan digitalisasi layanan. Kesimpulannya, penanganan keluhan oleh OJK telah merefleksikan sebagian besar dimensi Davidow (2003), namun membutuhkan penguatan sistem dan pendekatan partisipatif.