Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KES 008/2025 Ang h
Judul : Hubungan Self-Esteem dan Academic Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia).
Pengarang : Angelica Irda Puspita
Strata :
Pembimbing : Dra. Dini Widinarsih, M.Si., Ph.D.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KES 008/2025 Ang h 2025-0008 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82202
Sampul
Abstrak
Penelitian ini berkaitan dengan salah satu mata kuliah Ilmu Kesejahteraan Sosial, yakni Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial khususnya tentang masa transisi dan penyesuaian diri dihadapi oleh setiap manusia ketika menghadapi lingkungan baru. Mahasiswa tahun pertama mengalami masa transisi SMA/SMK menuju perguruan tinggi, yang menuntut kemampuan menyesuaikan diri secara optimal baik secara akademik maupun sosial. Penyesuaian diri yang adaptif menjadi kunci keberhasilan mahasiswa dalam menjalani proses pendidikan tinggi sekaligus dapat berfungsi secara sosial di lingkungannya. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama ada hubungannya dengan faktor-faktor internal, diantaranya self-esteem dan academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan self-esteem dan academic self-efficacy terhadap penyesuaian diri mahasiswa dengan menggunakan metode kuantitatif guna memungkinkan prediksi dan menggeneralisasikan atas hasilnya pada populasi yang lebih luas. Pengumpulan data menggunakan instrumen Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ), Self-Liking and Competence Scale (SLCS), dan The Academic Self-Efficacy Scale (TASES), dilakukan pada bulan Mei 2025 terhadap 233 responden mahasiswa aktif tahun pertama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data dengan bantuan SPSS menggunakan uji korelasi Kendall?s tau-b. Hasil penelitian mengungkapkan mahasiswa tahun pertama memiliki penyesuaian diri cukup baik; lalu ada hubungan yang signifikan antara self-esteem terhadap penyesuaian diri mahasiswa dengan nilai korelasi sebesar 0,413 serta arah hubungan yang positif. Terungkap juga hubungan yang positif dan signifikan antara academic self-efficacy terhadap penyesuaian diri mahasiswa dengan nilai korelasi sebesar 0,517. Hasil ini mengkonfirmasi penelitian-penelitian sebelumnya bahwa self-esteem dan self-efficacy dapat saling melengkapi dalam mendukung penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-esteem dan academic self-efficacy maka semakin tinggi pula penyesuaian diri yang dimiliki oleh mahasiswa tahun pertama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia angkatan 2024.