Penelitian ini berkaitan dengan salah satu mata kuliah Ilmu Kesejahteraan Sosial, yakni
Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial khususnya tentang masa transisi dan
penyesuaian diri dihadapi oleh setiap manusia ketika menghadapi lingkungan baru.
Mahasiswa tahun pertama mengalami masa transisi SMA/SMK menuju perguruan tinggi,
yang menuntut kemampuan menyesuaikan diri secara optimal baik secara akademik
maupun sosial. Penyesuaian diri yang adaptif menjadi kunci keberhasilan mahasiswa
dalam menjalani proses pendidikan tinggi sekaligus dapat berfungsi secara sosial di
lingkungannya. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penyesuaian diri mahasiswa
tahun pertama ada hubungannya dengan faktor-faktor internal, diantaranya self-esteem
dan academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan
self-esteem dan academic self-efficacy terhadap penyesuaian diri mahasiswa dengan
menggunakan metode kuantitatif guna memungkinkan prediksi dan menggeneralisasikan
atas hasilnya pada populasi yang lebih luas. Pengumpulan data menggunakan instrumen
Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ), Self-Liking and Competence Scale
(SLCS), dan The Academic Self-Efficacy Scale (TASES), dilakukan pada bulan Mei 2025
terhadap 233 responden mahasiswa aktif tahun pertama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Indonesia yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random
sampling. Analisis data dengan bantuan SPSS menggunakan uji korelasi Kendall?s tau-b.
Hasil penelitian mengungkapkan mahasiswa tahun pertama memiliki penyesuaian diri
cukup baik; lalu ada hubungan yang signifikan antara self-esteem terhadap penyesuaian
diri mahasiswa dengan nilai korelasi sebesar 0,413 serta arah hubungan yang positif.
Terungkap juga hubungan yang positif dan signifikan antara academic self-efficacy
terhadap penyesuaian diri mahasiswa dengan nilai korelasi sebesar 0,517. Hasil ini
mengkonfirmasi penelitian-penelitian sebelumnya bahwa self-esteem dan self-efficacy
dapat saling melengkapi dalam mendukung penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama.
Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-esteem dan academic self-efficacy
maka semakin tinggi pula penyesuaian diri yang dimiliki oleh mahasiswa tahun pertama
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia angkatan 2024.
Deskripsi Lengkap