Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KES 0017/2025 Ard d
Judul : Dimensi-dimensi Pilihan pada Program Makanan Berbasis Sekolah (School Feeding Program) di Brasil dan India
Pengarang : Ardi Riau Palas Roha Manalu
Strata :
Pembimbing : Prof. Dr. Drs. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KES 0017/2025 Ard d 2025-0017 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82211
Sampul
Abstrak
Kesehatan dan pendidikan merupakan fondasi kesejahteraan sosial yang saling terkait, khususnya bagi anak usia sekolah, di mana gizi buruk berdampak serius pada capaian pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. Program school feeding menjadi intervensi penting yang mengintegrasikan kedua aspek ini, khususnya pada negara berpendapatan menegah. Kajian ini membandingkan program PNAE Brasil dan MDMS India sebagai dua negara berpendapatan menengah dengan skema school feeding terbesar dan berkelanjutan. Penelitian ini menganalisis kedua program menggunakan kerangka dimensi kebijakan sosial Gilbert & Terrell (2013), meliputi alokasi manfaat, bentuk manfaat, strategi penyampaian, dan sistem pendanaan. Pendekatan integrative review dan context review digunakan untuk analisis yang komprehensif dan mendalam mengenai dimensi pilihan kebijakan pada kedua program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PNAE dan MDMS sama-sama menerapkan prinsip universalitas, meski akses di wilayah terpencil masih menjadi tantangan. Keduanya menyediakan makanan bergizi disertai edukasi dan layanan pendukung. Penyampaian manfaat dilakukan dengan model desentralisasi dan melibatkan komunitas. Perbedaan pendekatan terletak pada pendanaan, di mana MDMS menggunakan skema cost-sharing, sedangkan PNAE berbasis perhitungan per kapita yang lebih fleksibel. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya mengatasi hambatan akses, pengintegrasian layanan pendukung, penguatan peran komunitas, serta penyesuaian kebijakan dengan kondisi lokal dalam perancangan program school feeding.