Berdasarkan Indeks Perlindungan Anak (IPA), Indonesia memiliki rata-rata keberhasilan
perlindungan anak sebesar 63,30%, dengan 12 Kota/Kabupaten masih berada di bawah
angka 60%. Capaian rendah ini menunjukkan masih lemahnya upaya perlindungan anak
di berbagai daerah. Dalam konteks ini, kehadiran Forum Anak menjadi penting. Sebagai
pihak yang dekat dalam kehidupan sehari-hari anak, Forum Anak memiliki peran penting
untuk mendorong kesadaran masyarakat atas hak-hak anak dan mencegah terjadinya
eksploitasi anak. Melalui analisis literatur dengan metode critical review, karya akhir ini
mengkaji peran Forum Kota Layak Anak (FOKLA) dan Forum Anak untuk mendukung
program Kota Layak Anak. Kajian sekunder ini dilakukan pada rentang waktu Februari
hingga Juni 2024, dengan mengkritisi satu skripsi dan dua artikel jurnal yang
dipublikasikan dalam rentang waktu 2018?2022 yang membahas peran FOKLA dan
Forum Anak dalam mendukung Program Kota Layak Anak. Kajian literatur ini
mengungkapkan bahwa FOKLA dan Forum Anak berkontribusi penting dalam
menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak sebagai bagian dari
upaya mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). Hasil analisis kritis atas kajian literatur ini
menunjukkan bahwa FOKLA dan Forum Anak memiliki peran sebagai pemercepat
perubahan, broker, dan advocator. Kendala yang dialami oleh FOKLA dan Forum Anak
dalam mendukung Program Kota Layak Anak (KLA) dapat diklasifikasikan menjadi dua
jenis, yaitu kendala internal komunitas sasaran yang meliputi: faktor predisposisi,
kebiasaan komunitas sasaran, dan ketergantungan komunitas sasaran terhadap orang lain;
serta kendala eksternal komunitas yang berasal dari luar komunitas sasaran yang meliputi
faktor penguat perubahan, kelompok kepentingan, dan faktor pemungkin perubahan.
Kajian ini memberikan saran agar meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan
Program KLA dengan memperkuat peran FOKLA sebagai mitra strategis dalam advokasi
kebijakan dan pengawasan implementasi program, serta mendorong keterlibatan aktif
Forum Anak dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program sebagai representasi
suara anak.
Deskripsi Lengkap