Komunikasi pemasaran melalui Social Media Influencer (SMI)
diasosiasikan dengan minat beli pengikutnya (follower) yang berlaku secara umum
pada semua jenis produk tanpa melihat keterlibatan produk yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kredibilitas SMI dan
pengalaman produk terhadap minat pembelian pengikut (follower) dalam konteks
dua kategori produk berbeda, yaitu produk dengan keterlibatan tinggi (high
involvement) dan rendah (low involvement). Penelitian ini menambah literatur pada
komunikasi pemasaran yang membedakan produk low involvement dan high
involvement. Kredibilitas SMI diukur melalui empat dimensi yaitu daya tarik,
kepercayaan, keahlian, dan similarity, sedangkan pengalaman produk diukur
melalui pengetahuan produk dan struktur kognitif dalam ingatan konsumen.
Penelitian survei daring kepada 130 responden yang merupakan pengguna aktif
media sosial dan mengikuti SMI mengidentifikasi bahwa dalam kedua kategori
produk low involvement dan high involvement, dimensi similarity merupakan faktor
paling signifikan berhubungan dengan minat pembelian follower terhadap produk
yang dipromosikan oleh SMI. Sedangkan dimensi lainnya tidak signifikan. Hanya
satu dimensi yang berkontribusi karena konsumen cenderung merespons secara
emosional melalui kesamaan personal dibandingkan mengevaluasi atribut rasional
dari komunikator. Penelitian ini memberikan kontribusi penjelasan tambahan
terhadap model source credibility dalam konteks digital serta implikasi praktis bagi
strategi komunikasi pemasaran berbasis influencer.
Deskripsi Lengkap