Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0013/2025 Naj a
Judul Anak Kandidat Presiden sebagai Juru Kampanye: Studi Kasus pada Pemilihan Umum Presiden 2024 di Indonesia
Pengarang Najwa Ulfa Alkadrie
Penerbit dan Distribusi 2025
Subjek
Kata Kunci Anak kandidat, kampanye politik, keterlibatan keluarga, campaign surrogate pengganti, volunteer-driven campaign
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0013/2025 Naj a 2025-0013 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82355
Sampul
Abstrak
Kampanye politik merupakan elemen vital dalam proses pemilihan umum, tidak hanya sebagai sarana promosi kandidat, tetapi juga sebagai medium membangun hubungan antara aktor politik dan masyarakat. Salah satu strategi yang menonjol dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 adalah adanya keterlibatan anggota keluarga dari kandidat dan volunteer-driven campaign (kampanye berbasis relawan). Fenomena ini menjadi unik dalam sejarah kampanye politik Indonesia, dengan tujuan utama untuk memperluasjangkauan pemilih muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi anak kandidat dalam menyampaikan pesan politik, serta memahami bagaimana mereka mengartikulasikan peran dan keterlibatannya dalam mendukung kampanye ayahnya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumen tunggal dan paradigma interpretivisme, penelitian ini menganalisis keterlibatan anak kandidat sebagai aktor yang memainkan peran sebagai campaign surrogate (juru bicara) dari kandidat untuk membantu menyampaikan pesan kampanye dan menjangkau pemilih yang lebih luas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pola keterlibatan ini berbasis relawan, dengan strategi komunikasi yang partisipatif, organik, dan reflektif terhadap nilai-nilai generasi muda. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kajian komunikasi politik dengan menawarkan perspektif baru tentang peran anak kandidat dalam lanskap kampanye digital dan budaya politik baru di Indonesia.