Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0023/2025 Ada p
Judul Proses Perubahan Penilaian Peserta Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 Pasca-Rebranding (Studi kasus: Rebranding Melalui Materi Kampanye Prabowo Subianto)
Pengarang Adam Isa
Penerbit dan Distribusi 2025
Subjek
Kata Kunci Prabowo Subianto, Pilpres, Rebranding, Teori Penilaian Sosial, Komunikasi Politik
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0023/2025 Ada p 2025-0023 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82366
Sampul
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses perubahan penilaian pemilih terhadap Prabowo Subianto terjadi pasca-rebranding dalam Pilpres 2024. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis, studi ini mengkaji pengalaman subjektif tiga pemilih muda (Gen Z) melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan Teori Penilaian Sosial. Strategi rebranding yang diamati mencakup pembangunan citra baru ?kakek gemoy?, endorsement dari elite politik seperti Presiden Jokowi, serta pemanfaatan media sosial, konten visual kreatif, dan jingle kampanye yang dirancang untuk menjangkau generasi muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi ini mampu menurunkan resistensi terhadap citra lama Prabowo yang militeristik dan otoriter, serta secara bertahap memindahkan persepsi pemilih dari latitude of rejection menuju latitude of acceptance. Perubahan penilaian ini terjadi melalui proses asimilasi simbolik dan resonansi emosional yang difasilitasi oleh media digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap Teori Penilaian Sosial dengan menunjukkan bahwa individu yang awalnya berada dalam posisi penolakan pun dapat mengalami pergeseran sikap apabila pesan politik disampaikan secara strategis, relevan, dan sesuai dengan nilai yang dimaknai secara personal oleh pemilih.