Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KRI 0065/2025 Riz p
Judul : Propaganda Kelompok Terorisme ISIS Melalui Media Sosial sebagai Media Radikalisasi Bagi Calon Teroris
Pengarang : Rizka Faiza Ramadhaningtyas
Strata :
Pembimbing : Dr. Elizar Ayu Putri, S.Sos, M.Krim
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KRI 0065/2025 Riz p 2025-0065 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82469
Sampul
Abstrak
Media sosial memiliki kemampuan membentuk kembali struktur sosial dengan menciptakan lingkungan interaksi yang memengaruhi cara orang berpartisipasi. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis data sekunder, termasuk buku, artikel jurnal, laporan BNPT, dan analisis isi untuk memahami dinamika tersebut. Model 4N (need, narrative, network) digunakan untuk memetakan kaitan antara individu, kelompok teroris ISIS, dan peran media sosial dalam mendorong radikalisasi, sementara Networked Publics Theory digunakan untuk menjelaskan bagaimana media sosial memfasilitasi proses tersebut. Pendekatan ini diterapkan pada konten propaganda ISIS yang diperoleh dari platform X, Facebook, Instagram, dan Telegram. Hasil analisis menemukan lima tema besar dengan pola narasi yang sengaja didistorsi untuk menyesatkan pemaknaan audiens termasuk ajakan jihad yang dilegitimasi lewat ayat-ayat agama yang dipetik tanpa konteks, dikotomi tajam ?kami versus mereka,? serta gambaran kekerasan ekstrem berupa pemenggalan dan penembakan terhadap musuh. Narasi-narasi ini diproduksi dan disebarkan untuk menjangkau individu yang sedang mencari makna atau identitas, yang pada gilirannya menjadi rentan terhadap interpretasi keliru. Dengan fitur-fitur media sosial yang mendukung personalisasi konten, paparan berulang terhadap narasi serupa berpotensi menciptakan echo chamber, di mana algoritma memperkuat preferensi individu dan mengkonstruksi keyakinan seolah-olah narasi tersebut adalah kebenaran mutlak.