Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 0033/2025 Cut a
Judul : Analisis penggunaan Teori Aida Dalam Iklan Digital: Studi Kasus Kampanye "GrabFood SuperDeals"
Pengarang : Cut Aurel Aprilia
Strata :
Pembimbing : Dr Erwin Agustian Panigoro, M.M.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 0033/2025 Cut a 2025-0033 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82509
Sampul
Abstrak
Penelitian ini menganalisis penerapan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam kampanye pemasaran digital GrabFood SuperDeals. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana elemen-elemen AIDA mempengaruhi perilaku konsumen dalam konteks platform pengantaran makanan, dengan menekankan pada faktor-faktor yang mendorong konsumen untuk terlibat dan mengambil tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur empat variabel utama: Attention, Interest, Desire, dan Action. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Attention, Interest, Desire, dan Action. Khususnya, Interest memiliki korelasi yang sangat kuat dengan Desire dan Action, yang menunjukkan bahwa minat konsumen memainkan peran penting dalam meningkatkan keinginan dan memotivasi tindakan nyata seperti pembelian atau penggunaan layanan. Selain itu, teknologi digital, seperti antarmuka aplikasi yang ramah pengguna dan personalisasi menu, terbukti meningkatkan Interest dan Desire. Penelitian ini juga menemukan tantangan terkait loyalitas konsumen dalam pasar yang sangat kompetitif, di mana platform seperti GrabFood harus terus berinovasi dan mempertahankan hubungan personal dengan konsumen. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang penerapan teori AIDA dalam pemasaran digital dan menawarkan rekomendasi untuk platform pengantaran makanan, seperti GrabFood, untuk memanfaatkan strategi pemasaran yang lebih personal, berfokus pada keberlanjutan, dan mendalami analisis data guna mempertahankan loyalitas konsumen.