Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 0034/2025 Nad p
Judul : "Pengaruh Sisi Negatif dan Komunikasi Corporate Social Responsibility Terhadap Kepercayaan Masyarakat Serta Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan, Ekuitas Merek, Serta Respon Publik Pada Program ?Gerbang Biru Ciliwung? PT Pertamina (Persero)."
Pengarang : Nadila Atrah
Strata :
Pembimbing : Dr. Ummi Salamah, S.Psi., Psikolog., M.Psi
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 0034/2025 Nad p 2025-0034 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82510
Sampul
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sisi negatif perusahaan dan komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kepercayaan masyarakat yang terdampak program CSR, serta dampaknya pada reputasi perusahaan dan ekuitas merek, dengan program CSR sebagai intervensi dan Pertamina sebagai studi kasus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis statistic dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji sepuluh hipotesis. Yang mencakup pengaruh sisi negatif perusahaan dan komunikasi CSR terhadap kepercayaan, pengaruh kepercayaan terhadap reputasi perusahaan dan ekuitas merek, serta pengaruh reputasi terhadap respon publik. Penelitian ini juga menguji peran moderasi program CSR terhadap hubungan antara kepercayaan dan reputasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan sisi negatif perusahaan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat; ekuitas merek berpengaruh terhadap respons publik; kepercayaan berpengaruh terhadap reputasi dan ekuitas merek; serta kepercayaan memediasi hubungan antara sisi negatif perusahaan dengan reputasi dan ekuitas merek. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki sensitivitas terhadap isu negatif dan menaruh kepercayaan terhadap citra merek yang dibentuk melalui pengalaman serta ekspektasi. Di sisi lain, kepercayaan merupakan dasar untuk membangun reputasi dan brand yang kuat, serta membantu perusahaan saat diterpa isu negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inisiatif CSR yang dilakukan PT Pertamina (Persero) belum cukup efektif dalam membangun kepercayaan masyarakat yang terdampak program CSR. Hal ini mengindikasikan bahwa reputasi perusahaan masih dipengaruhi oleh pemberitaan negatif, sehingga komunikasi CSR belum mampu meningkatkan kepercayaan. Hal ini mendukung teori yang menyatakan bahwa reputasi memiliki peran penting dalam membentuk kepercayaan publik