Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 0035/2025 Han p
Judul : Persepsi Khalayak Generasi Z Terhadap Konten Iklan Meme di Media Sosial (Studi Kualitatif pada Generasi Z dengan Latar Belakang Peminatan Periklanan)
Pengarang : Hanifah Lila Vivarani
Strata :
Pembimbing : Dr. Niken Febrina Ernungtyas, S.I.Kom., M.Si.
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun : 2025
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 0035/2025 Han p 2025-0035 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82511
Sampul
Abstrak
Iklan meme (meme advertising) merupakan strategi periklanan yang mulai marak digunakan berbagai merek di media sosial, terutama untuk menjangkau pasar Generasi Z (Gen Z). Meskipun begitu, masih sedikit studi yang mengeksplorasi persepsi penggunaan meme advertising di berbagai merek. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengisi celah penelitian mengenai persepsi Gen Z terhadap konten meme advertising di media sosial dengan mengangkat konteks khalayak dan merek-merek di Indonesia. Fokus diberikan pada Gen Z dengan latar belakang di bidang periklanan karena mereka tidak hanya berperan sebagai konsumen, tetapi juga memiliki pengetahuan awal mengenai strategi komunikasi merek. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretif terhadap lima informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Gen Z terhadap meme advertising terbentuk melalui tiga tahap, yaitu paparan, perhatian, dan interpretasi (Solomon, 2020). Dari paparan meme advertising yang mereka terima, Gen Z memilih iklan dengan humor yang relevan untuk mereka perhatikan dan menghindari iklan yang mengganggu. Gen Z menginterpretasikan meme sebagai format komunikasi khas mereka serta meme advertising dinilai lebih sesuai untuk merek consumer goods dan kurang cocok untuk merek bercitra serius.