Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-POL 0022/2025 Cha i
Judul Influencer dan Hegemoni Digital: Strategi Tagar #IndonesiaButuhkerja Dalam Mendukung RUU Cipta Kerja Tahun 2020
Pengarang Chairunisa Saraswati Hakim
Penerbit dan Distribusi 2025
Subjek
Kata Kunci Hegemoni Digital, Media Sosial, Pemengaruh, #IndonesiaButuhKerja, RUU Cipta Kerja, Organic Intellectual, Common sense, War of Position.
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-POL 0022/2025 Cha i 2025-0022 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82516
Sampul
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kampanye digital #IndonesiaButuhKerja tahun 2020 membentuk hegemoni narasi pro-RUU Cipta Kerja dalam ruang media sosial melalui peran pemengaruh (influencer). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini memadukan teori hegemoni Antonio Gramsci, konsep networked propaganda dari Benkler, Faris, dan Roberts (2018), serta kerangka politik digital Asia Tenggara dari Merlyna Lim (2024). Data dikumpulkan dari unggahan media sosial pemengaruh yang terlibat dalam kampanye dan dianalisis menggunakan perangkat lunak NVivo 14 melalui coding tematik dan matrix query. Temuan menunjukkan bahwa pemengaruh berperan sebagai simpul (nodes) dalam ekosistem propaganda digital, menyampaikan narasi pro-RUU Cipta Kerja dalam bentuk yang personal, afektif, dan tampak netral. Pemengaruh menjalankan fungsi intelektual tradisional dalam konteks digital dengan membingkai penerimaan terhadap RUU Cipta Kerja sebagai sesuatu yang wajar dan tak terelakkan, melalui representasi gaya hidup, kredibilitas personal, dan kedekatan emosional. Dalam konfigurasi ini, dominasi narasi tidak dijalankan melalui represi, melainkan melalui produksi konsensus afektif yang tersebar melalui jaringan media sosial.