Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0057/2025 Nab m
Judul Memahami Advokasi Karyawan dalam Media Sosial: Studi Kuantitatif Komunikasi Internal Organisasi pada Organisasi Publik dan Organisasi Swasta
Pengarang Nabilah Ananda Razani
Penerbit dan Distribusi 2025
Subjek
Kata Kunci Employee advocacy, komunikasi internal organisasi, employee-organization relationship
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0057/2025 Nab m 2025-0057 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82537
Sampul
Abstrak
Suara karyawan di media sosial dapat menggambarkan kondisi internal organisasi. Penelitian ini menguji antara komunikasi internal organisasi dan advokasi karyawan di media sosial, dengan kualitas hubungan karyawan-organisasi (Employee-Organization Relationship/EOR) sebagai mediator. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei secara daring dan diolah dengan teknik analisis mediasi sederhana. Penelitian ini berfokus pada dua jenis organisasi, yaitu organisasi publik dan organisasi swasta, untuk menganalisis perbedaan dalam praktik komunikasi internal dari berbagai level manajemen komunikasi serta hubungannya terhadap perilaku advokasi karyawan. Hasil penelitian dari total 157 orang pekerja dari organisasi pemerintah dan organisasi swasta menunjukkan bahwa komunikasi internal yang transparan dan simetris tidak memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan advokasi karyawan di media sosial. Namun, hubungan tersebut menjadi signifikan ketika dimediasi oleh kualitas hubungan antara karyawan dan organisasi (EOR). Penelitian ini juga menemukan perbedaan signifikan dalam model mediasi antara organisasi pemerintah dengan organisasi swasta, di mana EOR lebih berperan sebagai mediator dalam organisasi swasta dibandingkan dengan organisasi pemerintah. Implikasi teoritis dan praktis dibahas lebih lanjut.